Pengertian Pasar Keuangan (Financial Market)

Friday, 25 May 2012

Pasar keuangan adalah pasar di mana orang dan entitas dapat melakukan perdagangan sekuritas keuangan, komoditas, dan barang-barang lain yang bernilai sepadan dengan biaya transaksi yang rendah dan dengan harga yang mencerminkan pasokan dan permintaan. Efek termasuk saham dan obligasi, dan komoditas termasuk logam mulia atau barang pertanian.

Ada baik pasar umum (di mana banyak komoditas yang diperdagangkan) dan pasar khusus (di mana hanya satu komoditas yang diperdagangkan). Pasar bekerja dengan menempatkan banyak pembeli tertarik dan penjual, termasuk rumah tangga, perusahaan, dan agences pemerintah, dalam satu "tempat", sehingga membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk menemukan satu sama lain. Ekonomi yang bergantung terutama pada interaksi antara pembeli dan penjual untuk mengalokasikan sumber daya yang dikenal sebagai ekonomi pasar berbeda baik ke ekonomi perintah atau menuju ekonomi non-pasar seperti ekonomi hadiah.

Dalam keuangan, pasar keuangan memfasilitasi:
  1. Meningkatnya modal (di pasar modal)
  2. Pengalihan risiko (di pasar derivatif)
  3. Harga penemuan
  4. Global transaksi dengan integrasi pasar keuangan
  5. Pengalihan likuiditas (di pasar uang)
  6. Perdagangan internasional (di pasar mata uang)

Dan digunakan untuk mencocokkan mereka yang ingin modal kepada mereka yang memilikinya.

Biasanya masalah peminjam tanda terima kepada kreditur berjanji untuk membayar kembali modal. Penerimaan ini adalah efek yang dapat bebas diperjualbelikan. Sebagai imbalan untuk meminjamkan uang kepada peminjam, pemberi pinjaman akan mengharapkan beberapa kompensasi dalam bentuk bunga atau dividen. Ini pengembalian investasi adalah bagian penting dari pasar untuk memastikan bahwa dana yang diberikan kepada mereka.


Jenis-jenis pasar keuangan
Pasar keuangan dapat dibagi menjadi subtipe yang berbeda:
  1. Pasar modal yang terdiri dari: (a). Bursa saham, yang merupakan sarana pembiayaan melalui penerbitan saham atau saham biasa, dan memungkinkan daripadanya perdagangan berikutnya.
    (b).
    Obligasi pasar, yang merupakan sarana pembiayaan melalui penerbitan obligasi, dan memungkinkan daripadanya perdagangan berikutnya.
  2. Pasar komoditas, yang memfasilitasi perdagangan komoditi.
  3. Pasar uang, yang merupakan sarana pembiayaan utang jangka pendek dan investasi.
  4. Pasar derivatif, yang menyediakan instrumen untuk mengelola resiko keuangan.
  5. Pasar berjangka, yang menyediakan standar kontrak berjangka bagi perdagangan suatu produk pada tanggal tertentu, lihat pasar juga maju.
  6. Asuransi pasar, yang memfasilitasi redistribusi dari berbagai resiko.
  7. Devisa pasar, yang memfasilitasi perdagangan valuta asing.
Pasar modal juga dapat dibagi menjadi pasar primer dan pasar sekunder. Baru dibentuk (dikeluarkan) surat berharga yang dibeli atau dijual di pasar primer, seperti selama penawaran umum perdana. Pasar sekunder memungkinkan investor untuk membeli dan menjual sekuritas yang ada. Transaksi di pasar primer ada antara emiten dan investor, sedangkan dalam transaksi pasar sekunder ada di antara investor.

Likuiditas merupakan aspek penting dari surat berharga yang diperdagangkan di pasar sekunder. Likuiditas mengacu pada kemudahan yang keamanan dapat dijual tanpa kehilangan nilai. Efek dengan pasar sekunder yang aktif berarti bahwa ada banyak pembeli dan penjual pada suatu titik waktu tertentu. Investor mendapatkan keuntungan dari dicairkan karena mereka bisa menjual aset mereka kapan pun mereka inginkan, sebuah keamanan tidak likuid dapat memaksa penjual untuk menyingkirkan aset mereka dengan diskon besar.