Pengertian Trade Finance

Thursday, 29 September 2016

Trade finance berkaitan dengan perdagangan internasional (International Trade).

Sementara penjual (eksportir) dapat meminta pembeli (importir) prabayar untuk barang yang dikirim, pembeli (importir) mungkin ingin mengurangi risiko dengan meminta penjual untuk mendokumentasikan barang yang telah dikirim. Bank dapat membantu dengan memberikan berbagai bentuk dukungan. Sebagai contoh, bank importir dapat menyediakan surat kredit kepada eksportir (atau bank eksportir) memberikan pembayaran atas penyerahan dokumen tertentu, seperti bill of lading. Bank eksportir dapat membuat pinjaman (dengan memajukan dana) kepada eksportir atas dasar kontrak ekspor.

Bentuk lain dari pembiayaan perdagangan dapat mencakup koleksi Dokumenter, asuransi kredit perdagangan, anjak piutang ekspor, dan forfaiting. Beberapa bentuk secara khusus dirancang untuk melengkapi pembiayaan tradisional, seperti "ekuitas transaksi" (produk yang dikembangkan oleh IIG Capital LLC), yang dapat membantu peminjam dalam mendanai uang muka yang diperlukan oleh bank sebelum meluas kredit. Di banyak negara , trade finance sering didukung oleh kuasi-pemerintah entitas yang dikenal sebagai lembaga kredit ekspor yang bekerja dengan bank-bank komersial dan lembaga keuangan lainnya.

Sejak pembiayaan perdagangan aman tergantung pada pelacakan diverifikasi dan aman dari resiko fisik dan peristiwa dalam rantai antara eksportir dan importir, munculnya metodologi baru dalam dunia sistem informasi telah memungkinkan pengembangan model mitigasi risiko yang telah berkembang menjadi baru model keuangan lanjutan. Ini memungkinkan pembayaran uang muka sangat rendah risiko kepada eksportir yang akan dibuat, sambil menjaga hal importir pembayaran kredit normal dan tanpa membebani lembar importir keseimbangan. Ketika dunia berkembang ke arah yang lebih fleksibel, pendanaan pertumbuhan pasca sumber berorientasi krisis perbankan global, permintaan untuk metodologi baru telah meningkat secara dramatis di antara eksportir, importir dan bank.

Trade finance mengacu pada pembiayaan transaksi perdagangan internasional. Dalam pengaturan pembiayaan, bank atau lembaga lain dari importir menyediakan untuk membayar barang-barang impor atas nama importir.

Jenis Jenis Istilah yang sering disebut dalam Trade Finance adalah ;

Letter of Credit
Atas dasar Letter of Credit (L/C), bank akan memberikan jaminan/kepastian pembayaran kepada penjual (eksportir) sedangkan di sisi lain memberikan jaminan kepada pembeli (importir) bahwa pembayaran hanya akan dilakukan setelah pengiriman barang seperti telah ditentukan L/C dan presentasi dokumen yang sesuai dengan syarat-syarat dan kondisi-kondisi dalam L/C.

Incoming Collection Services
Layanan yang diberikan oleh Bank untuk menangani dokumen dari documentary collection yang dikirim oleh Remitting Bank kepada Bank yang berfungsi sebagai Collecting Bank atau Presenting Bank.

Incoming Collection Avalization
Fasilitas yang diberikan kepada nasabah dalam bentuk kombinasi antara Incoming Collection Service ditambah dengan avalization oleh Bank atas akseptasi oleh drawee/penarikan.

Shipping Guarantee
Shipping Guarantee memberikan fasilitas kepada importir (atas L/C yang dibuka oleh Bank) untuk mendapatkan kuasa atas barang dari perusahaan pelayaran bilamana Bill of Lading belum diterima oleh bank sementara barang sudah mencapai pelabuhan tujuan.

Clean L/C Negotiation
Fasilitas untuk nasabah (beneficiary) dalam bentuk pengambilalihan (negosiasi) dokumen yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam L/C /Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) (clean documents / complied with).

Discrepant L/C Negotiation
Fasilitas untuk nasabah (beneficiary) dalam bentuk pengambilalihan (negosiasi) dokumen yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam L/C /SKBDN (tidak complied with).

Outgoing Collection Services
Layanan yang diberikan Bank untuk menangani dokumen dari documentary collection yang mana Bank berfungsi sebagai Remitting Bank.

Transferable L/C
Digunakan untuk memfasilitasi trader yang bertindak sebagai perantara (penerima pertama/first beneficiary dari L/C) untuk mendapatkan keuntungan melalui penukaran invoice atas dasar transferable L/C. Transferable L/C dapat ditransfer dari penerima pertama kepada satu atau lebih penerima kedua (second beneficiary).

Trade Finance Risk Participation
Produk ini adalah transaksi pengalihan sebagian atau keseluruhan counter party risk dari transaksi underlying trade finance dalam bentuk incoming atau outgoing risk; funded atau unfunded; silent atau disclosed; with atau without recourse; dengan penandatanganan offer letter antara seller bank dengan buyer bank, yang didahului dengan penandatanganan Framework Agreement.

Import L/C Financing
Ada dua jenis produk Import LC Financing (ILF) yang yaitu: (1) Import LC Financing Sight dan (2) Import LC Financing Usance.

Import L/C Financing Sight
Fasilitas yang diberikan kepada nasabah dalam bentuk kombinasi antara L/C Impor Sight sekaligus dengan pemberian pembiayaan. Pembiayaan secara otomatis diberikan pada saat jatuh tempo pembayaran L/C Sight.

Import L/C Financing Usance
Fasilitas yang diberikan kepada nasabah dalam bentuk kombinasi antara L/C Impor Usance dengan klausa payable at sight sekaligus dengan pemberian pembiayaan. Pembiayaan secara otomatis diberikan secara at sight kepada bank financing.

Financing Against TR
Pembiayaan jangka pendek bagi nasabah importir untuk pemenuhan kebutuhan modal kerja dan penyelesaian atas kewajiban kepada supplier yang jatuh tempo atas dasar L/C atau Collection. Pembiayaan akan diberikan atas penyerahan Trust Receipt sebagai dokumen legal.

Pre-shipment Financing under L/C/PO
Pembiayaan perdagangan jangka pendek yang disediakan bagi eksportir untuk pemenuhan kebutuhan modal kerja (pembelian bahan baku, aktivitas produksi, dll) sebelum pengapalan terkait dengan jadwal ekspor dan dapat diberikan baik atas dasar L/C atau Purchase Order.

Outgoing Collection Financing
Pembiayaan yang diberikan oleh Danamon atas dasar piutang yang dimiliki oleh penjual (nasabah) yang ditagihkan melalui Danamon atas dasar transaksi Outgoing Collection Services

Open Account Financing
Pembiayaan yang diberikan kepada pembeli / importir atau penjual / eksportir atas transaksi underlying Open Account yang bersifat domestik maupun internasional.

Bank-on-Bank Banker’s Acceptances Financing (BoBBBAF)
Produk trade yang memungkinan Bank untuk memperoleh dana jangka pendek dari lembaga keuangan lain berdasarkan akseptasi Bank atas transaksi underlying trade finance yang dalam hal ini dapat berupa transaksi ekspor atau pun impor yang belum didanai sebelumnya dan memiliki sisa tenor antara 30 sampai dengan 180 hari.

Bank Guarantee/SBLC
Jaminan tertulis yang diberikan oleh Bank untuk kepentingan nasabah kepada pihak Principal berdasarkan kontrak tertentu dalam bentuk pembayaran klaim apabila pihak yang dijamin (nasabah) tidak dapat memenuhi kewajibannya (wanprestasi).