Pilih Lokasi Usaha: Rumah, Ruko atau Mall?

Thursday, 7 June 2012

Lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan bisnis merupakan salah satu kunci vital keberhasilan berbisnis. Namun, memilih lokasi usaha sekarang ini makin diperlukan kecermatan dan kejelian karena pilihannya makin banyak.
Bila Anda kini sedang bingung memilih lokasi usaha, atau berniat memilih lokasi usaha baru untuk ebrekspansi atau memindahkan lokasi bisnis yang sudah ada sekarang, sekilas kiat pemilihan lokasi usaha berikut ini bisa jadi cukup membantu.
Pilihan lokasi usaha kita bisa bagi menjadi 3 kategori besar: rumah, ruko (rumah toko) dan mall atau pusat perbelanjaan. Anda bisa menyesuaikan pilihan dengan pertimbangan jumlah modal dan biaya yang dikeluarkan pula.
Jika lokasi usaha merupakan tempat yang sudah menjadi hak milik permanen, ia bisa dianggap sebagai modal awal. Sementara itu, jika belum dimiliki secara permanen alias disewa, lokasi usaha masih menjadi beban bagi usaha Anda.
Menurut Nur Agustinus dari Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC), Anda disarankan memilih mall sebagai lokasi usaha jika Anda menginginkan cakupan wilayah bisnis yang lebih luas, menyasar segmen konsumen tertentu, pengunjung lebih banyak dan dapat dipilih sesuai tema tertentu. Minusnya, Anda perlu pertimbangkan biaya operasionalnya yang lumayan tinggi.
Mengenai ruko, kelebihannya ialah dekat dengan perumahan penduduk. Usaha barang kebutuhan rumah tangga beroptensi lebih banyak menjaring konsumen di ruko-ruko. Bagi entrepreneur sendiri, ruko memberikan efisiensi dalam kegiatan sehari-hari karena menampung aktivitas bisnis dan pribadi serta keluarga dalam satu tempat sehingga praktis dan tak perlu memikirkan biaya transportasi atau stres karena jarak rumah dan lokasi bisnis yang jauh. Pengawasan juga lebih mudah dilakukan dalam ruko jika sudah punya karyawan.
rumah menjadi alternatif terakhir karena satu-satunya tempat yang bisa digunakan untuk berbisnis tanpa harus mengeluarkan biaya sewa tambahan. Berbisnis di rumah memang lebih hemat tetapi dalam jangka panjang, tetap diperlukan lokasi berbisnis yang lebih kredibel. (*AP)