Mekanisme Perdagangan Online Trading Emas

Wednesday, 8 August 2012

Mekanisme online trading emas sangat mudah dan memang difasilitasi untuk mempermudah semua lapisan masyarakat agar dapat trading emas secara online. Bahkan sebelum anda terjun langsung melakukan transaksi emas secara real accaount, maka anda juga di berikan fasilitas  demo account untuk trading emas. Dalam demo trading online emas anda diberikan dana virtual sebesar US$ 1.000 sampai dengan US$ 5.000.000. dengan adanya account demo, maka anda dapat melakukan transaksi emas seolah-olah anda sudah terjun langsung ke trading real account emas. Karena walaupun hanya demo account, tapi harga yang ada di layar atau di platform online trading emas adalah harga real market pada saat itu. Jadi dengan latihan di demo account anda dapat memantau pergerakan harga emas, dan anda dapat melakukan transaksi beli dan jual emas dan juga dapat melatih anda dalam penggunaan platform online trading emas. Selain itu, di platform online trading emas, di fasilitasi juga dengan tampilan grafik harga, dimana anda dapat melihat pergerakan histori harga emas selama 1  menit, 1 bulan bahkan pergerakan harga selama 20 tahun terakhir.
Fasilitas  demo online trading emas ini diberikan secara gratis bagi anda yang ingin terjun ke online trading emas, dan demo account tersebut dapat menggunakannya selama 2 bulan dan setelah itu anda masih dapat memperpanjang demo account selama anda masih ingin melakukan demo online trading emas. Semua fasilitas ini sekali lagi diberikan gratis… untuk membantu anda dalam berinvestasi emas secara online.
Jadi jangan lewatkan fasilitas gratis ini, dan penting sekali sebelum anda terjun ke Real Account online trading emas, anda harus menguasai betul cara penggunaan platform online trading emas. Bahkan semua tampilan yang ada di layar, anda harus memahaminya terlebih dahulu sebelum terjun langgsung ke real account emas. Karena cara melakukan transaksi emas di online trading adalah dengan cara mengklik saja. Jadi diharapkan anda tidak melakukan kesalahan order di real account dengan alasan salah klik karena sistem akan langsung menjalankan semua perintah customer.
Bagaimana jika koneksi internet anda tiba-tiba terputus? Atau tiba-tiba anda harus offline dari computer anda? Apakah transaksi anda semuanya hilang? Jawabannya adalah tidak. Semua transaksi yang sudah anda lakukan, semuanya tercatat di server, bahkan jam dan detik dan berapa lama  anda online di platform trading semuanya tercatat dengan rapih. Jadi ketika anda login lagi atau buka platform online trading anda, maka semua transaksi anda yang sebelumnya tercatat secara berurutan, dan semua profit-profit anda masih tertera dengan manisnya. Wah menarik bukan? Anda bahkan dapat meninggalkan Order yang jika mencapai harga tertentu maka akan menjual / membeli secara otomatis sehingga tidak perlu Anda tunggui sepanjang waktu.
Jadi bagi anda yang selama ini biasa menimbun emas di rumah anda, maka ini adalah sebuah faslitas yang menarik, dan sangat membantu anda dalam berinvestasi emas. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan aksi beli atau open buy di online trading emas dan membiarkan atau hold posisi tersebut selama yang anda inginkan, atau menjual emas anda dengan melakukan aksi jual atau close sell ketika harga naik, seperti yang biasa anda lakukan dalam menimbun emas di rumah anda. Anda beli, anda simpan (hold), dan anda jual ketika harga naik. Simple bukan?
Sistem perdagangan Online trading emas merupakan perdagangan kontrak yang melibatkan para pedagang besar dan spekulator emas. Maka online trading emas ini menggunakan konsep margin sebesar 1% (1:100) atau 0,5% (1:200), yaitu untuk membeli KONTRAK emas seharga Rp. 100.000.000, maka anda dapat membookingnya dengan menyerahkan margin atau down payment sebesar 1% dari Rp. 100.000.000 yaitu sebesar Rp. 1.000.000

Kalau begitu jika anda punya uang Rp. 100.000.000 anda bisa beli emas seharga 100x lipatnya dong? Secara praktis jawabannya adalah Ya Anda bisa. Namun ingat harga emas juga berfluktuasi, ketika harga emas turun 10.000 rupiah per gram, maka efek kerugian Anda juga akan menjadi 100x lipat. Dan jika nilai kerugian Anda mencapai tingkat tertentu maka emas Anda akan dijual secara otomatis oleh system karena dana Anda dianggap tidak mencukupi untuk menutup kerugian jika harga turun lebih jauh lagi. Jadi dalam hal ini anda harus memahami betul kekuatan margin atau dana anda.

Berikut adalah faktor -faktor Yang Mempengaruhi harga emas :

Pertama, Kenaikan Inflasi Melebihi Yang Diperkirakan

Setiap Negara dalam menentukan kebijakan ekonomi biasanya akan melihat tingkat inflasi. Prediksi berapa persen kah kira-kira inflasi di Negara tersebut akan menjadi acuan dalam penetapan tingkat suku bunga dan lain-lain. Nah jika prediksi tingkat inflasi itu meleset dan malah melibihi yang diperkirakan biasanya harga emas akan melonjak tinggi.

Kedua, Terjadi Kepanikan Finansial

Saat terjadi kepanikan finansial seperti saat krisis moneter tahun 1998 dan juga tahun 2008, maka harga emas akan meroket tidak terkendali. Hal ini terjadi karena masyarakat enggan memegang uang kertas dan lebih memilih menyimpan kekayaanya dalam bentuk emas.

Ketiga, Harga Minyak Naik Secara Signifikan

Harga emas, akan ikut naik jika harga minyak mentah dunia mengalami lonjakan signifikan meski dampaknya sendiri tidak terjadi seketika. Seperti saat terjadi invasi AS ke Irak di mana Irak adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia. Akibat invasi itu harga minyak melonjak tajam yang kemudian diikuti oleh naiknya harga emas. Begitupun yang terjadi saat ini, dimana Negara sekutu yang dipimpin AS menyerang Libya. Harga minyak mentah kembali naik dan menembus rekor baru. Akibatnya harga emaspun terangkat naik.

Keempat, Demand Terhadap Emas

Sesuai hukum supply demand, naiknya permintaan emas dunia yang tidak diikuti oleh naiknya pasokan emas mengakibatkan harganya akan naik terus. Cina dan India adalah dua Negara yang paling besar menghabiskan uangnya untuk membeli emas.

Kelima, Kondisi Politik Dunia

Ketegangan politik dunia, misalnya AS dengan Iran, AS dengan Timur Tengah atau ketegangan lain yang membuat suhu politik dunia meninggi dan mengakibatkan ketidakpastian ekonomi  membuat harga emas naik. Para pelaku pasar akan menarik investasinya di bursa saham, valas atau obligasi dan lebih memilih investasi yang aman yakni emas. Sehingga permintaan terhadap emas pun naik

Perhitungan Profit Transaksi Emas

Contoh
Pada  tanggal 8 Februari 2011 membuka posisi (order) Beli emas (XAU/USD) pada harga 1.400,00. Kemudian harga naik dan anda jual kembali (tutup) di harga  1.450,50
Maka perhitungan profitnya adalah sebagai berikut :
( Harga Jual  – Harga Beli ) x 10 troy ons x Jumlah Lot  – (Jumlah Lot x Fee Transaksi)
(1.450,50 – 1.400,00) x 10 troy ons x 3 lot – (3lot x $2) = $1.509
Profit anda =US$ 1.509

 

Perhitungan Loss Transaksi Emas

Contoh
Pada  tanggal 28 Februari 2011 membuka posisi (order) Beli emas (XAU/USD) pada harga 1.400,00. Kemudian harga turun ke 1.380,50
Maka perhitungan profitnya adalah sebagai berikut :
( Harga Jual  – Harga Beli) x 10 troy ons x Jumlah Lot – (Jumlah Lot x Fee Transaksi)
(1.380,50 – 1.400,00) x 10 troy ons x 3 lot – (3lot x $2) = - US$ 591
Loss/Kerugian = - US$ 591

 

Perhitungan Break event point (BEP)

Untuk perhitungan Break event point (BEP) tidak untung atau tidak rugi, cukup mudah, dan berikut adalah rumusnya
Spread + Fee Transaksi
Spread adalah selisih harga jual dan beli, Fee Transaksi adalah biaya yang di kenakan ke anda ketika anda melakukan trading emas.
Spread = 5,5 point
Fee = US$2 atau 2 point
5,5 point + 2 point = 7,5 point
Jadi setiap kali transaksi, harga harus melewati 7,5 point untuk sampai ke posisi impas (tidak untung dan tidak rugi).

 

Perhitungan biaya dan bunga  Interest rate untuk  overnight

Bunga premium adalah bunga yang anda terima atau dikenakan kepada anda ketika posisi anda sudah melewati 24 jam (menginap-overnight). Lebih tepatnya transaksi Anda dalam posisi terbuka dan melampaui pukul 04.00 WIB.
Berikut perhitungan bunga premium atau interes rate :
Untuk posisi buy  dikenakan sebesar –US$0,28 per lot, per hari
Untuk posisi sell  menerima sebesar US$ 0,28 per lot, per hari

 

Perhitungan margin call atau kekuatan dana trading

Dalam trading online, anda perlu mengetahui kekuatan dana anda untuk setiap pergerakan market. Dan berikut adalah perhitungan kekuatan dana

Contoh
Pada  tanggal 8 Februari 2011 anda membuka real account emas dengan modal sebesar US$ 5.000. kemudian anda melakukan transaksi emas dengan posisi buy sebanyak 60 lot di harga 1.400,00. Maka perhitungan marginnya adalah sebagai berikut :

1.400,00 x 10 troy ons x (1:200) x 60 lot = $ 4.200

Maka free margin atau kekuatan dana yang tersisa untuk menahan pergerakan market hanya sebesar
Modal awal - margin

US$ 5.000 – US$ 4.200 = US$ 800

Keesok harinya ternyata harga emas turun ke 1.398,87 (-11.3 point), maka kerugian anda pada saat itu sebesar :

(1.398,86 – 1.400,00) x 10 troy ons x 60 lot – (60 lot x $2) = -US$ 804

Yang harus kita perhatikan disini adalah kekuatan margin anda hanya sisa sebesar US$ 800, dan karena harga turun transaksi anda mengalami kerugian sebesar –US$ 804. Jika sudah terjadi kondisi seperti ini, dimana sisa dana atau free margin anda tidak mencukupi lagi, maka system akan menutup posisi anda secara otomatis, sehingga semua posisi anda sudah habis dan sisa dana anda sebesar margin yang anda gunakan untuk membeli 60 lot emas, yaitu sebesar US$ 4.200 akan dikembalikan. Sehingga saldo Anda akan kembali menjadi

Saldo Akhir: US$  800 - US$ 804 + US $ 4200 = US $4.196 

Jadi yang harus anda perhatikan disini adalah jika free margin anda sudah hampir habis atau bahkan minus, maka anda harus memperhatikan jumlah lot atau segera menutup sebagian posisi anda.