Cara Memulai Kesepakatan Bisnis

Wednesday, 17 October 2012

Sebuah kesepakatan bisnis adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih. Ini bisa benar-benar sederhana atau sangat kompleks. Beberapa kesepakatan bisnis dibuat dan disepakati cukup dengan persetujuan lisan. Kesepakatan bisnis lainnya memerlukan kontrak tertulis. Mulailah berpikir tentang pengaturan bisnis Anda dengan memutuskan apa yang Anda inginkan dari hubungan bisnis. Kesepakatan bisnis terbaik harus mengarah pada keuntungan untuk kedua belah pihak.

Berikut beberapa instruksi yang dapat Anda lakukan:

1. Mengidentifikasi mitra bisnis potensial melalui jaringan. Anda harus selalu waspada terhadap mitra bisnis potensial saat mengembangkan bisnis Anda. Kenali pemilik usaha lainnya dengan menghadiri lokakarya atau konvensi pengusaha. Pelajari tentang beberapa tantangan pesaingan yang Anda hadapi. Anda mungkin belajar bahwa Anda kuat di mana pesaing lemah, dan sebaliknya. Hal ini bisa mengakibatkan suatu pengaturan bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak.

2. Pendekatan calon pasangan yang baik berdasarkan penelitian dan jaringan Anda. Misalnya, Anda sedang memulai sebuah perusahaan katering khusus tapi Anda memerlukan penggunaan dapur untuk waktu tertentu. Anda dapat mengandeng perusahaan katering yang mengalami masalah keuangan sehingga Anda memungkinkan menggunakan dapur selama tidak digunakan dan membayar biaya sewa. Ini akan memberikan Anda fasilitas yang Anda butuhkan dan memberikan pendapatan bagi mitra Anda.


3. Pilih struktur yang lebih canggih untuk pengaturan bisnis Anda - seperti joint venture - jika perlu. Sebuah perusahaan patungan memungkinkan perusahaan Anda dan perusahaan lain untuk bekerja sama dalam inisiatif bisnis atau serangkaian inisiatif.


4. Publikasikan kesepakatan bisnis yang sukses. Bicarakan tentang keberhasilan tersebut di situs jaringan sosial Anda atau dengan mengeluarkan siaran pers. Hal ini akan membuat profil perusahaan Anda meningkat di masyarakat sehingga memungkinkan perusahaan lain mencari Anda untuk kesepakatan bisnis. (*/AS)