Membuat Rencana Pemasaran dengan Cepat dan Akurat

Thursday, 18 October 2012


Apakah Anda baru saja membuka usaha atau berbisnis untuk waktu yang lama, setiap bisnis membutuhkan rencana pemasaran. Kabar baiknya adalah sementara ada cara formal untuk menciptakan rencana pemasaran, namun ada rencana pemasaran dasar yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Berikut cara membuat rencana pemasaran dengan cepat dan akurat:




1. Review produk atau jasa Anda


Setiap perusahaan menjual baik produk atau jasa. Beberapa perusahaan mungkin menjual kombinasi dari keduanya. Langkah pertama yang perlu Anda ambil dalam membuat rencana pemasaran adalah menuliskan semua produk dan/ atau jasa. Selanjutnya, jelaskan bagaimana masing-masing produk atau jasa yang Anda tawarkan berbeda dari pesaing Anda. Setelah mengambil informasi ini, doronglah imajinasi Anda sedikit lebih jauh dan bertanya pada diri sendiri bagaimana Anda bisa membuat produk dan/ atau jasa yang ada menjadi lebih baik atau apa produk dan/ atau jasa tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.




2. Pikirkan harga yang Anda tetapkan untuk produk Anda dan/ atau jasa serta biaya yang terkait dengan produksi


Apakah harga Anda kompetitif? Apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk memotong biaya produksi? Tuliskan daftar cara yang mungkin dapat menarik pelanggan baru dengan menawarkan promosi. Tambahkan ke daftar ini semua cara yang Anda bisa mendorong pelanggan kembali dengan menawarkan diskon khusus, program loyalitas atau insentif lainnya.



3. Pikirkan tentang bagaimana produk didistribusikan

Apakah Anda menjual secara online? Apakah Anda memiliki sebuah toko? Pikirkan tentang bagaimana Anda mungkin dapat menciptakan proses yang lebih efektif dan efisien untuk menjangkau pelanggan. Pikirkan rencana distribusi baru dalam hal menjangkau pelanggan baru dan menjangkau pelanggan saat ini.


4. Promosikan produk Anda

Anda dapat memiliki produk atau jasa terbesar di dunia, tetapi jika tidak ada yang tahu tentang hal ini maka Anda tidak akan melakukan penjualan. Bagaimana Anda saat ini menyebarkan berita tentang perusahaan Anda sekarang? Apakah ada cara yang mungkin dapat menambah atau mengubah cara-cara yang Anda mencapai pelanggan potensial? Apakah ada cara-cara baru yang mungkin dapat menjangkau target Anda? Tuliskan jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan ini dan mulai untuk mengevaluasi perubahan yang mungkin diperlukan dalam promosi bisnis.


5 Tinjau dan revisi daftar Anda

Setelah Anda telah menulis semua informasi ini, baca kembali apa yang telah ditulis. Ketika Anda melakukan ini, Anda akan memikirkan item untuk menambah atau menghapus. Ini adalah proses untuk membantu menciptakan pedoman pemasaran bagi perusahaan Anda selama enam sampai 12 bulan berikutnya. (*/AS)